Download Silabus Osn Smp Tahun 2018

Download Silabus OSN SMP Tahun 2018. Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada tahun 2018 akan mulai dilaksanakan kegiatan seleksi pada bulan Februari. Setelah pada artikel sebelumnya, kami telah membagikan file Petunjuk Pelaksanaan (JUKLAK OSN SMP Tahun 2018). Kemudian pada kesempatan kali ini, kami akan kembali membagikan file Silabus OSN SMP Tahun 2018 yang lansung dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan SMP Tahun 2018. Untuk melihat file Silabus OSN SMP 2018 aslinya anda bisa mendownload pada link di paling bawah. 

 akan mulai dilaksanakan kegiatan seleksi pada bulan Februari Download Silabus OSN SMP Tahun 2018

Silabus OSN SMP Tahun 2018. Pada file yang kami bagikan tersebut, terdapat tiga (3) mata pelajaran pada Silabus OSN SMP Tahun 2018. Silabus mata pelajaran Matematika, Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Pada silabus OSN SMP 2018 itu telah dijabarkan mengenai materi yang akan di ujikan pada masing-masing mata pelajaran. Selain itu juga terdapat lingkup materi yang akan di uji cobakan. Namun, untuk memastikan bahwa file silabus ini yakni benar, maka akan kami tampilkan cuplikan isi dari file Silabus OSN SMP Tahun 2018 di bawah ini. 

SILABUS OLIMPIADE SAINS NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAHUN 2018


KATA PENGANTAR
Dalam upaya peningkatan mutu sumberdaya insan Indonesia semoga bisa bersaing pada percaturan regional dan internasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional dan banyak sekali peraturan turunannya, merupakan indikasi yang sangat faktual upaya Pemerintah Indonesia dalam peningkatan mutu sumberdaya insan semoga bisa bersaing dalam masa keterbukaan dan globalisasi.

Salah satu implikasi yang menempel pada Direktorat Pembinaan SMP, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang merupakan realisasi dari peraturan-peraturan perundangan tersebut sanggup diukur dari Angka Partisipasi Kasar (APK) SMP/MTs/Sederajat pada tahun anutan 2017/2018 mencapai 101,05%. Dengan pencapaian APK di atas, maka orientasi training pendidikan pada jenjang SMP lebih ditekankan pada peningkatan mutu pendidikan.

Untuk itu, Direktorat Pembinaan SMP telah menyusun banyak sekali kebijakan dan taktik yang kemudian dijabarkan dalam bentuk kegiatan dan kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi. Kebijakan dan kegiatan tersebut, dibutuhkan sanggup menunjang misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, baik terkait dengan ekspansi jalan masuk pendidikan, mutu dan daya saing, maupun tata kelola penyelenggaraan pendidikan.

Agar kegiatan dan/atau kegiatan tersebut sanggup mencapai sasaran yang telah ditetapkan, sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang ada, Direktorat Pembinaan SMP menerbitkan banyak sekali Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing kegiatan dan/atau kegiatan, baik yang pengelolaannya dilaksanakan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, maupun yang eksklusif dikelola oleh sekolah.

Diharapkan pihak-pihak terkait dengan penyelenggaraan kegiatan di semua tingkatan sanggup memahami dan melakukan dengan amanah, efektif dan efisien seluruh proses kegiatan mulai dari penyiapan rencana, pelaksanaan, hingga dengan monitoring, penilaian dan pelaporannya.

Akhirnya, kami mengharapkan semoga semua pihak terkait mempelajari dengan seksama dan menjadikannya sebagai pedoman serta contoh dalam pelaksanaan seluruh kegiatan atau kegiatan pembangunan pendidikan pada jenjang SMP tahun anggaran 2018.

 akan mulai dilaksanakan kegiatan seleksi pada bulan Februari Download Silabus OSN SMP Tahun 2018

PENDAHULUAN
Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu kegiatan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Hal ini merupakan salah satu taktik peningkatan mutu pendidikan sekaligus sebagai upaya menyebarkan wahana kompetisi bagi siswa SMP, MTs atau bentuk lain yang sederajat di seluruh Indonesia dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini sanggup meningkatkan atmosfir kompetisi secara sehat dan jujur antarsekolah, sehingga sekolah berlomba-lomba menyebarkan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. 

Sejak OSN SMP dilaksanakan, banyak sekolah yang telah termotivasi untuk menyebarkan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. 

Hal tersebut mengindikasikan bahwa imbas positif dari kegiatan OSN sudah tampak. Agar imbas positif tersebut sanggup lebih ditingkatkan, perlu proteksi isu yang sanggup membantu sekolah dalam rangka akselerasi kegiatan peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. 
Baca Juga: JUKLAK OSN SMP Tahun 2018
LINGKUP MATERI
Lingkup materiSilabus Soal OSN SMP 2018 kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 serta silabus olimpiade internasional. Dari ruang lingkup tersebut diperoleh materi-materi yang sesuai kebutuhan OSN, selanjutnya materi ini dituangkan dalam silabus OSN Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan materi contoh untuk menyusun soal OSN yang sanggup diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibentuk berjenjang, soal untuk tingkat provinsi relatif lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional relatif lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi. Dengan demikian ruang lingkup materi yang di ijinkan dalam OSN yakni sebagai berikut :

Link Download: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Silabus Osn Sma 2018(Matematika, Fisika, Icho, Ibo, It, Ekonomi, Astronomi, Ieso, Geografi)

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018