Silabus Osn Sma 2018(Matematika, Fisika, Icho, Ibo, It, Ekonomi, Astronomi, Ieso, Geografi)

Silabus OSN Sekolah Menengan Atas 2018 Lengkap (Matematika, Fisika, Icho, IBO, IT, Ekonomi, Astronomi ). Olimpiade Sains Nasional (OSN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun 2018 ini rencananya akan dimulai pada bulan maret 2018. Seleksi penerima lomba OSN ini akan dimulai dari tingkat kawasan kabupaten/kota, provinsi, nasional sampai pada tingkat Internasional. Apabila kau mempunyai impian untuk bisa bersaing dalam tingkat internasional pada lomba OSN tahun ini, persiapkanlah dirimu mulai ketika ini. Untuk membantu mewujudkan impian kamu, tim bangsaku akan menunjukkan informasi mengenai Silabus OSN Sekolah Menengan Atas /MA 2018 Lengkap yang berisi klarifikasi materi soal pada lomba OSN Sekolah Menengan Atas 2018. Silabus soal terdiri dari soal mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, astronomi, ekonomi, Kebumian, dan Geografi. 

 ini rencananya akan dimulai pada bulan maret  Silabus OSN Sekolah Menengan Atas 2018(Matematika, Fisika, Icho, IBO, IT, Ekonomi, Astronomi, IESO, Geografi)

Silabus OSN Matematika SMA/MA 2018. Seperti umumnya kompetisi matematika yang serius, Olimpiade Sains Nasional Matematika SMA/MA mengukur secara eksklusif tiga aspek berikut: pemecahan duduk masalah (problem solving), pikiran sehat (reasoning), dan komunikasi tertulis. Oleh alasannya itu, persiapan calon penerima OSN semestinya berorientasi kepada peningkatan kemampuan dalam ketiga aspek tersebut.

Pemecahan duduk masalah dipahami sebagai pelibatan diri dalam duduk masalah tidak-rutin (non-routine problem), yaitu duduk masalah yang metode penyelesaiannya tidak diketahui di muka. Masalah tidak-rutin menuntut pemikiran produktif seseorang untuk membuat (invent) strategi, pendekatan dan teknik untuk memahami dan menuntaskan duduk masalah tersebut. Pengetahuan dan ketrampilan saja tidak cukup. Ia harus sanggup menentukan pengetahuan dan ketrampilan mana yang relevan, meramu dan memanfaatkan hasil pilihannya itu untuk menangani duduk masalah tidak-rutin yang dihadapinya. 

Boleh jadi seseorang secara intuitif sanggup menemukan penyelesaian dari duduk masalah matematika yang dihadapinya. Bagaimana ia sanggup meyakinkan dirinya (dan orang lain) bahwa penyelesaian yang ditemukannya itu memang penyelesaian yang benar? Ia harus menunjukkan justifikasi (pembenaran) untuk penyelesaiannya itu. Justifikasi yang dituntut disini mestilah menurut pikiran sehat matematika yang hampir selalu berarti pikiran sehat deduktif. Peserta OSN Matematika SMA/MA perlu menguasai teknik-teknik pembuktian menyerupai bukti langsung, bukti dengan kontradiksi, kontraposisi, dan induksi matematika. 
OSN Matematika SMA/MA berbentuk tes tertulis. Oleh alasannya itu, penerima perlu mempunyai kemampuan berkomunikasi secara tertulis. Tulisan haruslah efektif, yaitu sanggup dibaca dan dimengerti orang lain serta menyatakan dengan sempurna apa yang dipikirkan penulis. 

Selain itu, OSN Matematika SMA/MA yakni tes dengan waktu terbatas. Ini berarti bahwa penerima harus sanggup melaksanakan ketiga hal di atas secara efisien.

Cakupan Materi OSN Matematika SMA:

Mengikuti kelaziman yang berlaku pada IMO (International Mathematical Olympiad), cakupan materi matematika OSN dibagi ke dalam empat kelompok: aljabar, geometri, kombinatorika, dan teori bilangan.

Pada dasarnya, OSN Matematika SMA/MA meliputi materi matematika yang lazim diberikan dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah, di luar materi kalkulus dan statistika, dan sejumlah tambahan. Materi pemanis ini mungkin sudah dicakup dalam kurikulum sejumlah sekolah. Oleh alasannya itu, daftar materi pemanis berikut bisa jadi beririsan (overlap) dengan materi dalam kurikulum. Hendaknya diingat juga bahwa penerima OSN diperlukan memahami materi yang diujikan, bukan sekadar mengetahui fakta materi tersebut.

Contoh Soal
 ini rencananya akan dimulai pada bulan maret  Silabus OSN Sekolah Menengan Atas 2018(Matematika, Fisika, Icho, IBO, IT, Ekonomi, Astronomi, IESO, Geografi)


Link Download Silabus Matematika: Silabus OSN 2018 Matematika SMA/MA

Silabus OSN Fisika SMA/MA 2018. Materi Tes Fisika Teori terdiri dari Matematika: Differensial sederhana, Penjumlahan dan perkalian vektor. Pengukuran: Besaran dan Satuan, Analisa Dimensi. Kinematika: Gerak lurus, Gerak parabola, Gerak melingkar, Gerak relatif. Dinamika Linier: Hukum Newton, Gaya Normal dan Gaya Gesek, Usaha, Energi dan Daya, Energi potensial dan Gaya konservatif, Hukum kekekalan energi, Momentum Linier dan Impuls, Tumbukan dan Hukum Kekekalan Momentum. Dinamika Rotasi: momen inersia, energi kinetik rotasi, torka dan aturan newton untuk rotasi, kesetimbangan benda tegar, perjuangan torka, momentum sudut dan impus sudut, aturan kekekalan momentum sudut, gerak menggelinding dengan tanpa slip dan masih banyak yang lainnya. 

Link Dowload: Silabus OSN Fisika SMA/MA 2018

Silabus OSN Kimia SMA/MA 2018. Internasional Chemistry Olympiad (IChO) yakni bahasa inggris dari olimpiade OSN Kimia tahun 2018 ini. Silabus kimia disusun menurut pembidangannya yaitu: bidang kimia teoritis/dasar kimia, kimia fisik, kimia anorganik, kimia organik, kimia analitik, biokimia, polimer serta spektroskopi kimia. Dalam silabus kimia ini penjabaran topik-topik kimia dibagi menjadi 3 kelompok. untuk penjelasannya terdapat pada file silabus orisinil yang sanggup di download pada link download di bawah. 

Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang kimia

Kimia yakni sains eksperimen sehingga OSN bidang kimia meliputi ujian Teori dan Praktikum. Kombinasi nilai teori dan praktikum menjadi nilai pencapaian siswa di OSN.

 ini rencananya akan dimulai pada bulan maret  Silabus OSN Sekolah Menengan Atas 2018(Matematika, Fisika, Icho, IBO, IT, Ekonomi, Astronomi, IESO, Geografi)

Ujian teori disusun menurut silabus Olimpiade Kimia (terutama kelompok 1 dan 2), serta bila memungkinkan dimasukkan juga kelompok 3 (tidak termasuk spektroskopi ). Kelompok 3 sanggup diujikan bila soal yang diberikan memungkinkan untuk dikembangkan lebih mendalam (terutama yang berkaitan dengan termodinamika kimia). Untuk ujian teori ini, bobot nilai yakni 60-70%.
Untuk ujian praktikum, siswa diberikan mekanisme melaksanakan suatu eksperimen sederhana menurut pengetahuan ilmu kimia yang telah dipelajarinya. Eksperimen yang dilakukan yakni eksperimen yang berkaitan dengan kimia fisik, analitik, serta sintesa dasar senyawa organik ataupun anorganik.

Link Download: Silabus OSN Kimia SMA/MA 2018

Silabus OSN Informatika Komputer SMA/MA 2018. OSN Informatika Komputer disebut juga dengan Internasional Olympiad in Informatics (IOI) IOI yakni ajang kompetisi pemrograman di tingkat Internasional yang sudah berlangsung semenjak 1985. Indonesia mulai mengikuti IOI semenjak 1995. Saat ini IOI diikuti oleh lebih dari 80 negara (termasuk semua negara maju) sehingga IOI merupakan lomba paling akbar dalam bidang ini untuk tingkat SMA. 

Pada awalnya IOI sendiri yakni lomba murni pemrograman semata menurut masalah-masalah yang sederhana. Para penerima dari banyak sekali negara secara perseorangan berusaha menuntaskan sejumlah duduk masalah dalam waktu yang singkat dengan membuat jadwal penyelesaian masalah. Program yang dihasilkan diuji dengan sejumlah data test (test case) yang mewakili sejumlah kondisi yang mungkin dari input soal tersebut. Program yang dibentuk penerima dinilai dari berapa banyak test case yang berhasil dijawab dengan benar oleh jadwal tersebut. Nilai final penerima yakni jumlah nilai yang diperoleh dari setiap jadwal yang dibuatnya. Peringkat penerima diurutkan berdasar nilai tersebut dan 1/12 (atau 8.33%) dari semua penerima pada peringkat teratas penerima mendapat medali emas, 1/6 (atau 16.67%) berikutnya mendapat medali perak dan 1/3 (atau 33.33%) mendapat medali perunggu. Sisanya terdapat 50% yang tidak mendapat medali. Peringkat negara disusun atas total perolehan medali peserta. 
Dalam perjalanannya problem-problem yang diberikan mengalami peningkatan tingkat kesulitannya terutama semenjak final tahun 90-an, sampai pada ketika ini pemrograman hanya satu aspek kecil semata di dalam lomba ini. Dengan demikian, aspek utama yang diuji yakni kemampuan menuntaskan masalahnya sendiri. Sehingga bisa dikatakan bahwa kompetisi IOI yakni menguji kemampuan penerima dalam problem solving dengan pemrograman komputer.

Setiap penerima dalam waktu yang amat terbatas harus mengerjakan sejumlah duduk masalah yang diberikan dengan menyusun jadwal yang menuntaskan duduk masalah tersebut.

Contoh Soal:


Link Download: Silabus OSN Informatika Komputer SMA/MA 2018

Silabus OSN IBO (BIOLOGI) SMA/MA 2018. Anda bisa mendownload Silabus Olimpiade Biologi Internasional Untuk Seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional pada link download di bawah ini. Namun, ada beberapa klarifikasi mengenai Materi dan metoda-metoda Praktikum dari OSN Biologi ini. Siswa/kompetitor dalam IBO harus mengetahui banyak sekali metoda dan bisa memakai metoda tersebut. Apabila ada suatu metoda memerlukan informasi khusus pemanis mengenai cara-cara yang bergantung pada alat/teknik khusus, akan diberikan keterangan/informasi tambahan.

Link Download: Silabus OSN IBO (Biologi) SMA/MA 2018

Silabus OSN Ekonomi SMA/MA 2018. Pada Silabus OSN Ekonomi untuk jenjang SMA/MA pada tahun 2018, materi dasar yang akan diujikan yakni sebagai berikut; Pengertian Ilmu ekonomi, Masalah ekonomi (kelangkaan dan kebutuhan yang relatif tidak terbatas), Pilihn (kebutuhan dan keinginan) dan skala prioritas, Kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan, Biaya peluang, Prinsip ekonomi, motif ekonomi, Pembagian Ilmu ekonomi, Ekonomi Syariah (pengertian, tujuan, prinsip dan karakteristik ekonomi syariah).


Silabus OSN Astronomi Internasional SMA/MA 2018. Silabus Olimpiade Astronomi Internasional untuk seleksi Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional ini yakni salah satu panduan yang sanggup membantu salah satu penerima OSN bidang Astronomi dalam mempelajari dan memperdalam materi latihan untuk mempersiapkan seleksi. Anda bisa mendownloadnya pada link di bawah ini. 

Link Download: Silabus OSN Astronomi SMA/MA 2018

Silabus OSN IESO (Kebumian) SMA/MA 2018. Silabus OSN IESO yakni panduan mengenai materi OSN yang akan dikeluarkan pada ketika seleksi pada OSN di bidang Kebumian Internasional. 

Ilmu Bumi telah mengalami perubahan yang signifikan semenjak pertengahan 70-an dari kala sebelumnya. Perubahan ini memanifestasikan dirinya dalam pergeseran dari pendekatan reduksionisme di mana setiap domain dari Ilmu Bumi (Geologi, Hidrologi, Suasana) dianggap disiplin independen untuk pendekatan holistik yang menekankan hubungan antara sistem Bumi. Selama tahun 1980-an domain ini telah bersatu menjadi satu disiplin - Ilmu Bumi. Pada tahun 1990 disiplin gres berkembang sebagai bab dari Ilmu Bumi, yaitu, Geologi Lingkungan atau Sistem Bumi.

Link Download: Silabus OSN IESO (Kebumian) SMA/MA 2018

Silabus OSN IGEO (Geografi) SMA/MA 2018. INTERNATIONAL GEOGRAPHY OLYMPIAD(IGEO) yakni suatu ajang kompetisi tahunan tingkat internasional bidang studi geografi untuk pelajar yang berusia 16 s. d. 19 tahun. Kegiatan ini dipayungi oleh International Geography Union (IGU), yaitu suatu organisasi internasional dengan anggota para akademisi dan praktisi ilmu geografi dari seluruh belahan dunia. Dalam pelaksanaannya, IGEO dilaksanakan oleh IGU Olympiad Task Force. 
Baca Juga: Download Latihan Soal dan Pembahasan OSN Sekolah Menengan Atas 2017/2018
Materi UJIAN OSN Geografi:

Seperti yang telah dijelaskan dalam bab pendahuluan, pembagian bobot untuk materi IGEO yakni tes tertulis (bobot 40%), tes praktek lapangan (bobot 40%), dan tes multimedia (bobot 20%). Untuk pelaksanaan tes tertulis dan tes multimedia, terdapat 12 topik utama yang tersedia. Namun untuk pelaksanaan tes tertulis itu sendiri, hanya 6 topik dari 12 topik tersebut yang akan diujikan. Topik yang diujikan tersebut bersifat acak dan tidak sanggup diprediksi, sehingga tiap negara harus mempersiapkan kontingennya semoga menguasai 12 topik utama tersebut secara komprehensif. 

Dua belas topik tersebut adalah:
  1. Iklim dan Perubahan Iklim 
  2. Kebencanaandan Manajemen Bencana 
  3. Sumber Daya dan Manajemen Sumber Daya 
  4. Geografi Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan 
  5. Geomorfologi dan Penggunaan Lahan 
  6. Geografi Pertanian dan Permasalahan Pangan 
  7. Kependudukan dan Dinamika Penduduk 
  8. Geografi Kota, Peremajaan Kota, dan Perencanaan Kota 
  9. Geografi Pembangunan dan Teori Keruangan 
  10. Pariwisata dan Manajemen Pariwisata 
  11. Geografi Ekonomi dan Globalisasi 
  12. Geografi Budaya dan Identitas Regional 

Link Download: Silabus OSN Geografi SMA/MA 2018 

Download Juga: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018