Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas 2018

Tes Sekolah Ikatan Dinas. Mengenal Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas. Sekolah Tinggi Ikatan Dinas yaitu salah satu pilihan bagi Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang akan lulus dan melanjutkan ke Jenjang selanjutnya. Bagi seseorang yang memiliki tujuan atau impian menjadi pegawai negeri sipil (PNS) cara yang paling sempurna yaitu dengan cara masuk ke sekolah ikatan dinas, alasannya yaitu sehabis lulus mereka akan diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di masing-masing kementrian yang sesuai dengan kompetensinya. 

 Sekolah Tinggi Ikatan Dinas yaitu salah satu pilihan bagi Siswa Sekolah Menengah Atas  Macam-Macam Tes Sekolah Ikatan Dinas 2018

Pada tahun 2018 ini, sekitar delapan forum dari banyak sekali kementrian telah membuka registrasi sekolah ikatan dinas. berikut ini yaitu daftar sekolah ikatan dinas yang membuka registrasi mahasiswa gres untuk tahun anutan 2018/2019.
  1. Kementerian Keuangan (PKN STAN) sebanyak 7.301 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018)
  2. Kementerian Dalam Negeri (IPDN) sebanyak 2.000 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018)
  3. Kementerian Perhubungan (STTD), 11 Sekolah Tinggi, Poltek dan AKADEMI sebanyak 2.676 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018)
  4. Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP) sebanyak 600 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018).
  5. Badan Pusat Statistik (Politeknik Statistika) sebanyak 600 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018)
  6. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (STMKG) sebanyak 250 siswa (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018)
  7. Lembaga Sandi Negara (STSN) sebanyak 100 siswa(pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018)
  8. Badan Intelejen Negara (STIN) sebanyak 150 siswa. (pendaftaran dibuka dari tanggal 9 April s/d 30 April 2018).
Baca Juga: Pengumuman Resmi Penerimaan Siswa/Taruna Baru Pendidikan Kedinasan  (Sekolah Ikatan Dinas) Tahun 2018
Proses seleksi penerimaan mahasiswa gres di sekolah ikatan dinas sedikit berbeda dengan tes masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dibutuhkan persiapan-persiapan khusus untuk mengikuti proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas ini. Jika kau ingin lolos seleksi masuk sekolah ikatan dinas, kenali dulu jenis-jenis tes yang akan dilakukan pada proses seleksi masuk sekolah ikatan dinas berikut ini:

1. Tes Potensi Akademik (TPA)
Tes Potensi Akademik (TPA) yaitu salah satu tes yang sering dipakai pada proses seleksi masuk perguruan tinggi. Bukan hanya pada seleksi penerimaan mahasiswa gres saja. Pada ketika proses penerimaan karyawan gres di perusahaan, Tes Potensi Akademik (TPA) ini juga disajikan pada ketika seleksi awal calon tenaga kerja. Seleksi Pegawai Negeri Sipil (PNS) pun juga memakai tes potensi akademik (TPA) ini. Tes ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui kemampuan seseorang dibidang akademis dan pengetahuan umum lainnya. Karena hal tersebut yaitu dasar untuk mengetahui kemampuan seseorang. 

Macam-macam soal yang disajikan dalam Tes Potensi Akademik (TPA) ini terdiri dari tes mengenai gambar, tes angka, tes logika, dan tes verbal. Tes ini hampir sama dengan tes Greduate Recored Examination (GRE) dan Graduate Management Admission Test (GMAT) yang menjadi standar internasional untuk menguji kecerdasan seseorang dalam banyak sekali aktivitas seleksi. 

2. Tes Kemampuan Dasar (TKD)
Tes Kemampuan Dasar yaitu tes yang dipakai untuk mengukur kemampuan dasar seseorang guna menunjang keberhasilannya ketika beliau bekerja. Tes ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) TEs Intelegeni Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Sedangkan Tes Kemampuan Pribadi (TKP) ini bertujuan untuk mengenal karakter, kepribadian, dan tingkat emosional pendaftar, menyerupai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas, dan lain sebagainya. 

Tes Wawasan Kebangsaan (TKW) sendiri dipakai untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia, meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan segala hal mengenai Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sedangkan Tes Intelegensi Umum (TIU) bertujuan menilai kompetensi seseorang dalam hal kemampuan verbal, numerik, logika, dan alalisis. 

Perlu diketahui, bahwa Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) merupakan salah satu Sekolah Ikatan Dinas yang memakai Tes Kemampuan Dasar (TKD) dalam proses seleksi penerimaan Praja barunya. 

3. Tes Kemampuan Bidang (TKB)
Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini biasanya disajikan sehabis peserta lolos pada tahapan tes Tes Kemampuan Akademik (TKA) atau Tes Kemampuan Dasar (TKD). Isi dari Tes Kemampuan Bidang (TKB) ini sifatnya lebih spesifik, lebih jelasnya isinya sesuai dengan bidang masing-masing yang diambil oleh pendaftar. 

Tahapan tes ini secara umum dibagi menjadi ujian tulis, tes psikologi lanjutan, wawancara, dan/atau ujian praktik (untuk bidang-bidang tertentu). TKB ini sangat bervariasi, contohnya perihal pendidikan, kesehatan, agama, hukum, dan masih banyak lagi. 


4. Tes Kesehatan dan Kebugaran
Apabila kau sudah masuk pada tahapan tes kesehatan dan kebugaran ini, berarti sedikit lagi kau akan lolos dan diterima pada salah satu sekolah ikatan dinas yang kau inginkan, alasannya yaitu pada umumnya tes kesehatan ini dilaksanakan di simpulan sesi serangkaian proses seleksi. 

Beberapa tahapan yang dilakukan pada tes kesehatan ini yaitu mengecek darah, urine, tensi, rontgen, buta warna, ketahanan fisik, kesehatan paru-paru, kesehatan gigi, dan beberapa tes lainnya sesuai kebutuhan dari sekolah ikatan dinas daerah ia daftar. 

Pastikan kondisi badan kau fit pada ketika mengikuti serangkaian tes kesehatan, alasannya yaitu bisa jadi calon mahasiswa gugur pada tahapan ini alasannya yaitu kurang bisa menjaga kondisi tubuh. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Silabus Osn Sma 2018(Matematika, Fisika, Icho, Ibo, It, Ekonomi, Astronomi, Ieso, Geografi)

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018