Juknis / Juklak Opsi Smp Tahun 2018

JUKNIS / JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018. Buku Pedoman atau Petunjuk Pelaksanaan (JUKLAK) Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) untuk SMP Tahun 2018 ini telah diterbitkan eksklusif oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. JUKNIS/JUKLAK ini yakni buku panduan dalam pelaksanaan OPSI Tahun 2018, dimana buku panduan ini sangatlah mempunyai kegunaan bagi siswa SMP yang akan mengikuti Olimpiade penelitian ini dan juga sangatlah mempunyai kegunaan bagi para guru yang membimbing siswanya untuk ikut OPSI di tahun 2018 ini. 

 Buku Pedoman atau Petunjuk Pelaksanaan  JUKNIS / JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018

Download JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018. Pada artikel ini memang sengaja kami bagikan file buku JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018 yang sanggup anda unduh pada link download yang sudah kami sediakan di bawah. Tetapi, anda juga sanggup melihat beberapa point penting dan informasi penting seputar pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2018 ini yang telah kami sajikan dalam bentuk cuplikan informasi yang diambil eksklusif dari pedoman OPSI SMP Tahun 2018 tersebut. 

Berikut ini yakni cuplikan informasi yang penting dari JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018 tersebut.

 Buku Pedoman atau Petunjuk Pelaksanaan  JUKNIS / JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018

KATA PENGANTAR
Dalam upaya meningkatkan mutu sumberdaya insan Indonesia biar bisa bersaing dalam kurun keterbukaan memandang perlu untuk membuat dan meningkatkan layanan pendidikan kepada seluruh warga negara minimal pada jenjang Sekolah Menengah Pertama. Selain itu aneka macam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan juga terus diselenggarakan baik dalam bentuk kegiatan pembelajaran maupun dalam bentuk kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018.
Untuk mewujudkan kegiatan dimaksud, khususnya kegiatan Lomba, Festival dan Olimpiade tahun 2018 telah disusun aneka macam kebijakan dan taktik yang kemudian dijabarkan dalam bentuk aktivitas dan atau kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu dan terkoordinasi, baik di tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional dan internasional. Kegiatan di tingkat nasional meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) SMP, Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Olimpiade Literasi Siswa Nasional (OLSN), Lomba Menulis Esai (LME), dan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP. Sedangkan kegiatan di tingkat internasional menyerupai International Junior Science Olympiad (IJSO), International Mathematics Competition (IMC), Basel Open Master (BOM), dan International Research Exhibition.
Agar aktivitas dan atau kebijakan tersebut sanggup mencapai sasaran yang telah ditetapkan, maka diterbitkan Buku Petunjuk Pelaksanaan untuk masing-masing jenis kegiatan, baik Lomba, Festival dan Olimpiade yang bersifat nasional maupun bersifat internasional.
Melalui buku ini dibutuhkan pihak-pihak terkait dalam pengelolaan kegiatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan sekolah sanggup memakai buku petunjuk pelaksanaan ini sebagai pedoman pelaksanaan, sehingga kegiatan sanggup dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
Akhirnya kami mengharapkan biar semua pihak terkait secara gotong royong dan bergotong royong menyukseskan pelaksanaan aktivitas Lomba, Festival dan Olimpiade.
Semoga buku petunjuk pelaksanaan bermanfaat bagi pelaksanaan kegiatan tahun 2018.

PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pada tahun 2025 – 2030 Indonesia akan mendapat bonus demografi, yakni ketika jumlah usia produktif di Indonesia mencapai titik yang tertinggi. Pada ketika itu diperkirakan jumlah penduduk Indonesia sekitar 300 juta. Namun pada sisi lain, kondisi sumber daya alam kita akan terus menipis. Salah satu jalan keluarnya yakni memperkuat inovasi, yakni meningkatkan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan, teknologi dan kreatifitas.
Dalam Rencana Strategis (Renstra) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019, visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015-2019 yakni terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong. Pemerintah sebagai pengelola dan penyelenggara pendidikan berupaya keras dalam melaksanakan program-program peningkatan mutu pendidikan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan SMP berusaha mewujudkan aktivitas Nawacita Presiden Republik Indonesia, yakni meningkatkan kualitas hidup insan Indonesia dan melaksanakan revolusi huruf bangsa yang akan dilaksanakan melalui penelitian melalui Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia 2018.
Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus berusaha memfasilitasi dan meningkatkan daya penemuan penerima didik.
Salah satu kegiatan yakni penyelenggarakan Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI). Kegiatan OPSI SMP merupakan suatu wahana bagi penerima didik untuk mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui pelatihan kegiatan penelitian semenjak dini. Tahun 2018 kegiatan lomba penelitian tingkat nasional akan diselenggarakan serempak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
OPSI SMP yakni suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian siswa SMP/MTs negeri dan swata atau yang sederajat yang dilaksanakan secara nasional. Sebelumnya, kegiatan ini pernah berjulukan Lomba Penelitan Ilmiah Remaja (LPIR) SMP, Lomba Penelitian Ilmiah Pelajar (LPIP) SMP dan Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).
Dalam upaya berkelanjutan untuk meningkatkan output dan hasil OPSI dari tahun ke tahun, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Petunjuk Pelaksanaan OPSI Tingkat SMP 2018 Gerakan Literasi Sekolah terus mendorong sekolah untuk memperkuat budaya meneliti sekolah ataupun antar sekolah yang melibatkan guru pembimbing dan para pakar di bidang masing-masing.
Direktorat Pembinaan SMP berusaha menunjukkan penemuan dalam setiap penyelenggaraan kegiatan baik akademis maupun non akdemis di setiap tahunnya. Kegiatan OPSI SMP ini akan mengalami penemuan dalam penyelenggaraan dengan mengacu pada kegiatan internasional yang diikuti oleh peraih medali LPSN SMP tahun 2017 pada Mexico Exposcience ataupun kegiatan kompetisi ilmiah cukup umur internasional (International Youth Science Competition) sebagai barometer potensi cukup umur Indonesia dalam bidang penelitian.
Agar pelaksanaan OPSI SMP tahun 2018 terselenggara dengan baik, maka disusun buku petunjuk pelaksanaan yang sanggup dipakai menjadi pegangan panitia, siswa, guru, dewan juri dan pihak terkait lainnya. Olehkarenanya, Direktorat Pembinaan SMP dipandang perlu memprogram kegiatan OPSI SMP tahun 2018 yang dilaksanakan tidak melalui seleksi berjenjang, namun seleksi eksklusif ke Direktorat Pembinaan SMP. Petunjuk Pelaksanaan OPSI SMP Tahun 2018 ini tidak hanya berisi juknis pelaksanaan lomba OPSI, tapi juga menunjukkan perspektif pentingnya OPSI SMP tahun 2018 untuk diikuti oleh para siswa dalam pengembangan dunia penelitian di Indonesia.

BAB II
PENJELASAN UMUM
A. Pengertian

Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) yakni suatu kegiatan penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan Ipteks, dan ditulis dalam sebuah makalah ilmiah sebagai materi evaluasi dalam kompetisi ilmiah.

B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup OPSI 2018 meliputi 3 bidang ilmu, yaitu;
1. Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan dan Seni;
2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan;
3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

C. Tema
Tema OPSI 2018 yakni ”Meningkatkan Karakter Kreatif dan Kritis Siswa melalui Penelitian Ilmiah”.
Sub Tema yakni ”Meningkatkan Kemampuan Berinovasi dalam Memanfaatkan Sumber Daya Lingkungan Sekitar demi Memberi Nilai Tambah bagi Masyarakat”.

D. Sasaran
Sasaran OPSI yakni siswa SMP/MTs negeri dan swasta atau yang sederajat di seluruh wilayah Indonesia sesuai ketentuan.

E. Persyaratan Peserta
1. Berkewarganegaraan Indonesia;
2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP/MTs Negeri/Swasta atau yang sederajat pada kelas 7 dan 8 tahun pembelajaran 2017/2018 pada ketika mengikuti lomba;
3. Memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan terdaftar di Data Pokok Peserta Didik (Dapodik);
4. Bukan juara 1, 2 dan 3 LPSN SMP tahun sebelumnya;
5. Berkelompok 2 - 3 siswa dalam setiap topik penelitian yang dipilih. Untuk kaderisasi, disarankan salah satu anggota kelompok dari kelas di bawahnya; dan
6. Hasil penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional.

F. Judul Penelitian
Judul karya ilmiah/topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema OPSI 2018. Judul hendaknya ekspresif, sesuai dengan topik yang ditulis serta tidak membuka peluang penafsiran ganda.

G. Materi
Materi yang diajukan harus berupa ide/gagasan aktual, kreatif, objektif dan kritis. Data yang diperoleh melalui hasil penelitian kemudian dianalisis dan dibahas secara kritis dan sistematis serta diberikan simpulan sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah.

H. Sifat dan Isi Makalah
Isi makalah harus memenuhi syarat-syarat kode etik penelitian ilmiah sebagai berikut;
1. Kreatif dan Objektif
a. Tulisan berisi ide/gagasan yang didukung penelitian ilmiah yang memakai data yang relevan.
b. Tulisan harus didukung oleh data empiris/informasi yang valid dan sanggup dipercaya.
c. Tulisan bersifat orisinil (bukan plagiasi) dan bukan duplikasi dari hasil penelitian sebelumnya.
2. Sistematika Penulisan/ Laporan Penelitian sesuai ketentuan penulisan BAB III ada Buku Petunjuk Pelaksanaan ini. 

I. Ketentuan Lomba
1. OPSI 2018 dibuka semenjak diumumkan. Semua naskah untuk lomba tingkat nasional telah diterima oleh panitia selambat-lambatnya 15 Juni 2018.
2. Nama urutan pertama dalam kelompok yakni sebagai penulis utama dan ketua kelompok.
3. Untuk naskah yang dipanggil final, ketua kelompok bertugas mempresentasikan hasil penelitiannya, dan sanggup dibantu anggotanya. Panitia hanya membiayai satu orang (ketua kelompok);
4. Naskah karya ilmiah yang dilombakan menjadi hak milik panitia dan sanggup disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penelitinya sebagai sumber data;
5. Peneliti yang terpilih sebagai finalis akan diundang mengikuti aktivitas selesai pada bulan Juli 2018 untuk mengikuti tahapan presentasi di depan dewan juri dan menampilkan hasil penelitiannya dalam bentuk display karya/ pameran.
6. Para finalis diwajibkan membawa pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak 1 lembar dan surat keterangan dari kepala sekolah.
7. Para finalis diwajibkan menyerahkan file softcopymakalah (format MS- Word) dan materi presentasi (format MS-Powerpoint, untuk video: format MP4).
8. Para Finalis diwajibkan membawa hardcopymakalah satu set untuk setiap bidang.
9. Bila ada prototipe/alat peraga hasil ciptaan, maka pada ketika presentasi dan ketika display karya/pameran alat tersebut harus sanggup dioperasikan sesuai dengan fungsinya.
10. Para finalis yang tidak hadir dalam tes presentasi dinyatakan gugur sebagai finalis.
11. Para finalis wajib mengenakan pakaian seragam sekolah pada ketika presentasi dihadapan dewan juri.

J. Pembimbing
Siswa sebagai peneliti berhak mendapat bimbingan dan instruksi dari guru pembimbing sekaligus pendamping dalam penelitian, namun ide/gagasan dan isi makalah hasil penelitian tetap merupakan tanggung jawab peneliti.

K. Hadiah dan Penghargaan
1. Para juara di tingkat nasional akan diberikan hadiah dan piagam penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Setiap penerima OPSI SMP tingkat nasional tahun 2018 sesuai dengan persyaratan penerima akan mendapat Beasiswa Bakat dan Prestasi SMP tahun 2018 sebesar Rp3.000.000 (tiga juta rupiah).

L. Pengiriman Naskah
Naskah/makalah karya ilmiah dikirimkan dengan mengikuti hukum pada Petunjuk Teknis Registrasi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) sebagai berikut:
1. Siswa wajib melaksanakan registrasi daring (registration online) sebelum mengirim naskah, melalui laman: ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik paling lambat 15 Juni 2018. (Petunjuk Registrasi sanggup diakses melalui laman ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik)
2. Naskah Penelitian yang akan dilombakan, dikirimkan (upload) dalam format PDF pada laman dimaksud.

WAKTU PELAKSANAAN OPSI (JADWAL OPSI 2018)

 Buku Pedoman atau Petunjuk Pelaksanaan  JUKNIS / JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018
klik 2x untuk memperbesar jadwal 

BAB III
PENULISAN KARYA ILMIAH

Sistematika penulisan naskah penelitian hendaknya dibentuk dalam format jurnal berisi sebagai berikut:
----- dst..
Download Juga: JUKLAK FLS2N SMP Tahun 2018
* Untuk lebih jelasnya silahkan eksklusif Anda download file JUKLAK OPSI SMP Tahun 2018 pada link donwload yang sudah kami sediakan di bawah;

Link Download: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Silabus Osn Sma 2018(Matematika, Fisika, Icho, Ibo, It, Ekonomi, Astronomi, Ieso, Geografi)

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018