Download Pos Uambn 2018 Mts Dan Ma

Download POS UAMBN 2018 MTs dan MA. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Pedoman Operasional Standar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (POS UAMBN) Tahun pelajaran 2017/2018. Di dalam POS UAMBN 2018 ini akan menjelaskan mengenai pelaksanaan UAMBN di tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). POS UAMBN ini sendiri telah diterbitkan oleh Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia tahun 2018 dan merupakan pedoman bagi pemangku kepentingan dalam penyelenggaraan UAMBN di madrasah seluruh Indonesia. Namun, Informasi yang terdapat di dalam UAMBN ini juga lebih baik lagi apabila para guru dan siswa di madrasah juga mempelajari isi dari POS UAMBN 2018 guna untuk mempersiapkan pelaksanaan UAMBN di sekolahnya masing-masing. 

 Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Pedoman Operasional Standar  Download POS UAMBN 2018 MTs dan MA

POS UAMBN MTs dan MA Tahun pemikiran 2017/2018. Di dalam artikel ini telah kami sediakan link download yang sanggup dipakai untuk mengunduh file POS UAMBN yang berbentuk file pdf. Namun, sebelum anda mengunduh ada baiknya silahkan simak cuplikan isi dari UAMBN Tahun 2018 yang telah kami sajikan pada artikel ini. Harapan kami membagikan file POS UAMBN ini ialah untuk menyebar luaskan informasi yang mempunyai kegunaan bagi pendidikan di Indonesia, dan juga membantu para guru di madrasah yang telah mempersiapkan UAMBN di sekolahnya masing-masing. Semoga pelaksanaan UAMBN tahun 2018 ini sanggup berjalan dengan lancar dan tanpa ada kendala yang terlalu besar sehingga mengganggu jalannya UAMBN. 

Di dalam Pelaksanaan UAMBN MTs dan MA Tahun 2018 ini terdapat 2 jenis pelaksanaan, yang pertama yaitu UAMBN-BK atau UAMBN memakai komputer/berbasis komputer menyerupai layaknya UNBK. Cara kerja dari UAMBN-BK ini hampir sama dengan pelaksnaaan UNBK, namun bentuk soal yang dikeluarkan ialah soal-soal dari UAMBN. Yang kedua yaitu pelaksanaan UAMBN berbasis kertas/tulis yang disebut dengan UAMBN-KP yang dilaksanakan menyerupai layaknya ujian dengan mengisi lembar balasan dari kertas memakai pensil 2b yang biasa dilakukan oleh siswa jaman dulu. 
 Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file Pedoman Operasional Standar  Download POS UAMBN 2018 MTs dan MA

Berikut ini merupakan cuplikan isi dari POS UAMBN MTs dan MA Tahun pemikiran 2017/2018:

PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR (POS) PENYELENGGARAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM
NOMOR 181 TAHUN 2018
TENTANG
PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MEMUTUSKAN: 
Menetapkan : KEPUTUSAN DIREKTUR JENDERAL PENDIDIKAN ISLAM TENTANG PROSEDUR OPERASIONAL STANDAR PENYELENGGARAAN UJIAN AKHIR MADRASAH BERSTANDAR NASIONAL (UAMBN) TAHUN PELAJARAN 2017/2018

KESATU : Menetapkan Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2017/2018 sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bab tidak terpisahkan dari Keputusan ini.
KEDUA : Petunjuk Teknis sebagaimana dimaksud pada Diktum KESATU merupakan contoh dalam pelaksanaan Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2017/2018.
KETIGA : Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
Ditetapkan di Jakarta 
Pada tanggal 10 Januari 2018

KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim,
Alhamdulillah rabbil alamin. Segala Puji bagi Allah SWT. yang telahmemberikan karunia dan nikmat-Nya, sehingga Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) Tahun Pelajaran 2017/2018 ini sanggup tersusun. POS UAMBN ini disusun sebagai pedoman bagi pemangku kepentingan dalam menyelenggarakan UAMBN di madrasah, biar berjalan secara baik, efektif dan efisien.

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Untuk mengukur ketercapaian standar kompetensi lulusan Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA), perlu dilakukan evaluasi hasil mencar ilmu penerima didik pada tamat satuan pendidikan melalui Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). UAMBN Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2017/2018 diatur melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman ihwal UAMBN bagi pihak-pihak terkait, perlu disusun suatu pedoman yang memuat prinsip-prinsip umum penyelenggaraannya.

B. Tujuan dan Fungsi UAMBN
1. UAMBN bertujuan mengukur pencapaian hasil mencar ilmu penerima didik pada tamat jenjang pada satuan pendidikan, sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional.

2. UAMBN berfungsi sebagai:
1. Bahan pertimbangan dalam penentuan pemetaan mutu madrasah,
2. Umpan balik dalam perbaikan jadwal pembelajaran pada MTs dan MA/MAK;
3. Alat pengendali mutu pendidikan;
4. Pendorong peningkatan mutu pendidikan pada MTs dan MA/MAK;
5. Tidak sebagai penentu kelulusan.

C. Pengertian
Dalam Prosedur Operasional Standar (POS) ini yang dimaksud dengan:

1. Satuan Pendidikan ialah satuan pendidikan dasar dan menengah yang mencakup Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA).
2. Jenjang Pendidikan ialah tahapan pendidikan yang ditetapkan menurut tingkat perkembangan penerima didik, tujuan yang akan dicapai, dan kemampuan yang dikembangkan.
3. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut UAMBN ialah kegiatan pengukuran dan evaluasi pencapaian standar kompetensi lulusan MTs, MA secara nasional mencakup mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab.
4. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UAMBN-BK ialah ujian yang memakai komputer sebagai media untuk menampilkan soal dan proses menjawabnya.
5. Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Berbasis Kertas dan Pensil yang selanjutnya disebut UAMBN-KP ialah ujian yang memakai naskah soal dan lembar balasan berbasis kertas dan memakai pensil.
6. Tim Teknis UAMBN-BK ialah petugas di provinsi dan kabupaten/kota yang diberi kewenangan sebagai koordinator teknis dalam melaksanakan verifikasi madrasah sebagai pelaksana UAMBN-BK7. Proktor ialah petugas yang diberi kewenangan untuk menangani aspek teknis pelaksanaan UAMBN-BK di ruang ujian.
8. Teknisi ialah petugas pengelola laboratorium komputer di madrasah yang melaksanakan UAMBN-BK
9. Pengawas Ujian ialah guru yang diberi kewenangan untuk mengawasi dan menjamin kelancaran pelaksanaan UAMBN-BK atau UAMBN-KP di ruang ujian.
10. UAMBN Susulan ialah ujian tamat madrasah berstandar nasional yang diselenggarakan untuk penerima didik yang berhalangan mengikuti UAMBN Utama alasannya alasan tertentu yang sanggup diterima oleh madrasah Pelaksana UAMBN dan disertai bukti yang sah.
11. Nilai Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut Nilai UAMBN ialah nilai murni yang diperoleh penerima didik pada UAMBN.
12. Kisi-kisi soal UAMBN ialah contoh dalam pengembangan dan pembuatan soal UAMBN yang disusun menurut Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
13. Bahan UAMBN ialah naskah soal, lembar balasan UAMBN, isu acara, daftar hadir, amplop, tata tertib, dan pakta integritas pengawas.
14. Lembar Jawaban UAMBN-KP yang selanjutnya disebut LJUAMBN-KPadalah lembaran kertas yang dipakai oleh penerima didik untuk menjawab soal UAMBN-KP.
15. Sertifikat Hasil Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional yang selanjutnya disebut SHUAMBN ialah surat keterangan yang berisi Nilai UAMBN.
16. Prosedur Operasional Standar yang selanjutnya disebut POS ialah urutan langkah baku yang mengatur teknis pelaksanaan UAMBN yang ditetapkan oleh Kementerian Agama.
17. Kementerian ialah Kementerian Agama Republik Indonesia.
18. Menteri ialah Menteri Agama Republik Indonesia.
19. Direktorat Jenderal ialah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
20. Direktur Jenderal ialah Direktur Jenderal Pendidikan Islam

BAB II
PESERTA UAMBN
B. Persyaratan Peserta UAMBN
1. Peserta didik terdaftar pada MTs, MA/MAK;
2. Berada pada tahun terakhir pada MTs, MA/MAK;
3. Memiliki laporan lengkap evaluasi hasil mencar ilmu mulai semester 1 (ganjil) tahun pertama hingga dengan semester 1 (ganjil) tahun terakhir;

BAB IV
BAHAN UJIAN
A. Mata Pelajaran Yang Diujikan
1. Mata pelajaran yang diujikan pada tingkat MTs ialah Al-Qur’anHadis, Akidah-Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab;

2. Mata pelajaran yang diujikan pada tingkat MA sebagai berikut;
a. MA peminatan MIPA, IPS, Bahasa ialah Al-Qur’an-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab;
b. MA peminatan Keagamaan ialah Al-Qur’an-Hadis, Akhlak, Ilmu kalam, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab;

PELAKSANAAN 
Pelaksanaan UAMBN Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan moda UAMBN Berbasis Komputer (UNBK-BK) dan UAMBN Berbasis Kertas dan Pencil (UAMBN-KP). Penerapan UAMBN-BK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian.

BAB VII
PEMERIKSAAN HASIL UJIAN
A. Pemeriksaan dan Penilaian Hasil Ujian
1. Pemeriksaan hasil UAMBN-BK menjadi tanggung jawab panitia tingkat pusat.
2. Pemeriksaan hasil UAMBN-KP menjadi tanggung jawab panitia tingkat provinsi;
3. Pelaksanaan investigasi UAMBN-KP dilakukan dengan memakai alat pemindai (scanner)
4. Pemindaian sanggup dilakukan sendiri oleh Panitia Tingkat Provinsi atau panitian tigkat kabupaten/kota atau melalui kerjasama operasional dengan pihak lain;
5. Penilaian hasil ujian dilakukan secara objektif;

B. Nilai UAMBNNilai UAMBN ditulis dalam bentuk angka dengan skala 0 (nol) hingga dengan 100 (seratus) dengan dua angka desimal di belakang koma.

Jadwal UAMBN-BK dan UAMBN-KP sanggup dilihat pada laman dibawah ini.

Baca Juga: Jadwal Lengkap UAMBN MTs dan MA Tahun 2018
Demikianlah tadi beberapa cuplikan isi dari POS UAMBN MTs dan MA Tahun 2018 ini untuk jenjang MTs dan MA yang sanggup kami sajikan dalam artikel ini. Semoga file yang kami bagikan ini sanggup bermanfaat. Apabila anda merasa file ini sangat membantu, jangan lupa untuk membagikan atau mengeshare di laman facebook atau media umum lainnya. Untuk sanggup melihat informasi detailnya anda bisa pribadi mendownloadnya pada link download yang tersedia di bawah ini: 

Link Download: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018

Download Soal Simak Ui Terbaru Pdf