Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (Lbdi) 2018 Sma

Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) 2018 SMA. Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) tingkat nasional pada tahun 2018 ini rencananya akan dilaksanakan di Kota Bengkulu pada tanggal 5 - 12 Agustus 2018 (lomba tingkat nasional ) . Apabila Anda ingin mengikuti lomba debat bahasa Indonesia ini, ada baiknya Anda download Pedoman Pelaksanaan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) tahun 2018 jenjang Sekolah Menengan Atas Sederjaat. Karena dengan mempunyai buku anutan pelaksanaan LBDI ini Anda bisa memahami latar belakang dan proses registrasi akseptor dan juga akan mengetahui jadwal pelaksanaanya. 

 ini rencananya akan dilaksanakan di Kota Bengkulu pada tanggal  Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) 2018 SMA

Download Pedoman Pelaksanaan LBDI tahun 2018. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan file anutan lomba debat bahasa Indonesia, sesudah pada kesempatan sebelumnya ada beberapa anutan pelaksanaan lomba yang bisa iikuti oleh siswa Sekolah Menengan Atas mulai dari lomba yang bekerjasama dengan Sains, Olahraga hinnga kewirausahaan. Anda bisa men-download Pedoman Pelaksanaan LBDI 2018 ini secara gratis melalui link download pada halaman paling bawah artikel ini. Namun, Anda juga bisa melihat beberapa cuplikan isi dari file Pedoman pelaksanaan lomba yang berbentuk .pdf tersebut. Berikut ini yaitu beberapa isi dari file anutan tersebut; 

PEDOMAN PELAKSANAAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LBDI) BENGKULU 2018
KATA PENGANTAR
Globalisasi merupakan proses sosial dan alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara ke dunia yang semakin terikat satu sama lain dalam mewujudkan satu tatanan kehidupan gres atau kesatuan ko-eksistensi dengan mengesampingkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat. Fenomena ini memperlihatkan tantangan bagi generasi muda untuk terus meningkatkan kompetensi. 

Globalisasi mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunikasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak sanggup dikesampingkan lagi.

Peningkatan kompetensi dan keterampilan ini sejalan dengan semangat implementasi kurikulum 2013. Salah satu upaya untuk mewujudkan peningkatan kompetensi tersebut yaitu dengan mewadahi siswa, dalam hal ini akseptor didik SMA, dengan aktivitas positif yang memacu semangat berkompetisi untuk membuatkan ilmu pengetahuan melalui bakat/minat, antara lain yaitu dengan melaksanakan aktivitas Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) Tingkat Nasional.

Kegiatan LDBI yang akan dilaksanakan pada tahun 2018 di Kota Bengkulu ini bertujuan untuk melatih akseptor didik Sekolah Menengan Atas biar terbiasa berpikir kreatif, analitis, dan bisa berkomunikasi secara efektif serta memberikan argumenasi di depan publik dengan bahasa Indonesia yang baik serta sanggup menjadi modal yang baik dalam berkompetisi dalam persaingan yang semakin global.

Buku anutan ini disusun dengan maksud memperlihatkan citra pelaksanaan kegiatan, sehingga sanggup dipakai sebagai contoh bagi pihak-pihak terkait yang membutuhkan informasi mengenai aktivitas  Lomba Debat Bahasa Indonesia(LDBI). 
Semoga anutan ini bermanfaat dan selamat berkompetisi.

 ini rencananya akan dilaksanakan di Kota Bengkulu pada tanggal  Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LBDI) 2018 SMA

LATAR BELAKANG 
Sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia, dampak dari demokrasi tidak selalu tampak dalam kebijakan yang dijalani pemerintah ataupun dalam kondisi yang terdapat di masyarakat. Untuk itu, diharapkan suatu masyarakat sipil yang aktif berpartisipasi dalam proses demokrasi, dalam hal menyuarakan pendapat, memperlihatkan kritik membangun terhadap kebijakan yang tengah dijalankan, dan mengajukan solusi atas masalah-masalah sosial.

Lomba Debat Bahasa Indonesia(LDBI) merupakan lomba debat tingkat sekolah menengah atas yang mempunyai talenta dan minat dalam debat untuk menentukan akseptor yang terbaik. Peserta didik tersebut akan difasilitasi untuk membuatkan kemampuan argumenasi, pemecahan masalah, dan penyampaian pendapat secara sistematis dan menarik. Seluruh aktivitas ini diharapkan sanggup membangun kapasitas generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi secara aktif dalam demokrasi dan pergaulan global.

TUJUAN UMUM
  1. Memperluas wawasan para akseptor didik Sekolah Menengah Atas (SMA) biar terbiasa berpikir kreatif dan analitis, bisa bersaing secara kompetitif, berkomunikasi secara efektif, dan memberikan argumenasi di depan publik dengan Bahasa Indonesia yang efektif.
  2. Melatih akseptor didik untuk memberikan pendapat dengan sistematis, sanggup berpikir kritis kreatif analitis dan konstruktif, serta bersikap sportif.
  3. Membekali akseptor didik sebagai anggota masyarakat yang potensial dengan wawasan pengetahuan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik melalui debat akseptor didik.
TUJUAN KHUSUS
  1. Membangun antusiasme dan impian yang tinggi dari seluruh akseptor untuk mengikuti perlombaan.
  2. Membangun kemampuan berpikir kritis, analitis terhadap isu-isu nyata yang sedang berkembang baik nasional maupun internasional.
  3. Membangun kesadaran dan kepedulian akseptor didik akan pentingnya toleransi menghormati, kerja sama, dan perbedaan opini sebagai perilaku yang harus tumbuh dalam demokrasi yang sehat.
PENGERTIAN 
  • Pendebat yaitu tiga orang akseptor yang mengikuti perlombaan. 
  • Ketua Panitia yaitu orang yang mengatur jalannya perlombaan.
  • Ketua Juri yaitu seorang juri yang mengatur prosedur penjurian.
  • Wakil Ketua Juri yaitu satu atau beberapa juri yang ikut membantu kiprah Ketua Juri dalam penjurian.
  • Juri Undangan yaitu Juri yang diundang oleh forum penyelenggara LDBI. 
  • Juri n1adalah perwakilan juri guru yang berasal dari tim akseptor LDBI. 
  • Tabulator yaitu orang yang bertanggung jawab terhadap tabulasi evaluasi dalam perlombaan.
KRITERIA PESERTA LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA
  • Peserta LDBI yaitu Warga Negara Indonesia. 
  • Pendebat yaitu akseptor didik aktif (kelas X, XI, XII) di SMA/MA negeri atau swasta yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pelajar (KTP). 
  • Satu tim wajibterdiri atas tiga pendebat dan satu Juri N1.
  • Satu tim debat yaitu kumpulan pembicara terbaik yang terseleksi di tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsijuri n1adalah gurudari sekolah asal pendebat. 
  • Pendebat wajib mengikuti seminar debat dan juri N1 wajib mengikuti seminar penjurian.
  • Anggota tim dilarang diganti dengan alasan apa pun.
TAHAPAN SELEKSI LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA
Tingkat Sekolah
Setiap sekolah mempunyai kewenangan untuk menentukan satu tim debat. Satu tim terdiri atas tiga akseptor didik sebagai pendebat dan satu orang guru sebagai juri n1 yang selanjutnya berhak untuk mengikuti Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota.

Tingkat Kabupaten/Kota
Setiap Kabupaten/Kota mempunyai kewenangan untuk menentukan satu tim debat yang nantinya akan mewakili Kabupaten/Kota ke perlombaan Tingkat Provinsi. Tim debat tersebut harus diambil dari tiga pembicara terbaik hasil Seleksi Tingkat Kabupaten/Kota dan satu orang guru sebagai Juri N1.

Tingkat Provinsi
Seleksi Tingkat Provinsi dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi. Satu tim debat terbaik provinsi akan berlomba di Tingkat Nasional. Tim debat tersebut harus diambil dari tiga pembicara terbaik hasil seleksi tingkat provinsi dan satu orang guru sebagai Juri N1.

Tingkat Nasional 
Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh para pemenang tingkat provinsi se-Indonesia yang berjumlah 34 tim. Semua akseptor berjumlah 136 orang yang terdiri atas 102 akseptor peserta didik pendebat dan 34 guru Juri N1.

KRITERIA PENILAIAN
ISI
Isi yaitu budi argumenasi yang disampaikan oleh para pembicara, terlepas dari gaya bicaranya. Isi dinilai dari kekuatan logika, relevansi argumen, dan penggunaan data-data yang terkait dengan topik debat. Sanggahan terhadap argumenasi lawan juga bobot yang sama dengan argumen, yang harus dibuktikan budi serta relevansinya.

gaya
Gaya yaitu cara pembicara memberikan argumenasinya, menyangkut bagaimana pembicara mengontrol perilaku tubuh, volume suara, kontak mata, dan variasi lisan untuk menciptakan pidatonya menarik dan lezat didengarkan.

Strategi
Strategi menyangkut bagaimana pembicara memanfaatkan waktu yang diberikan dengan baik dan memakai taktik pembelaan dan perlawanan dengan baik. Struktur penyampaian juga termasuk dalam strategi.

JADWAL KEGIATAN LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA TAHUN 2018


Baca Juga: Download Pedoman OSN Sekolah Menengan Atas 2018, Pedoman Olimpiade Olahraga O2SN 2018, Pedoman Olimpiade Penelitian OPSI 2018, Pedoman Lomba Festival Kewirausahaan FIKSI 2018
KONSTITUSI LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA (LDBI)
PASAL 1
FORMAT
a.  Format Lomba Debat Bahasa Indonesia dalam satu ruang debat terdiri atas dua tim (tim Pemerintah dan tim Oposisi), yang masing-masing tim terdiri atas tiga pendebat.
b.  Setelah semua pendebat dari setiap tim akibat memberikan pidato, pendebat  pertama  atau  kedua  dari  masing-masing  tim  memperlihatkan pidato  balasan  (pidato  di  sini  mengacu  pada  definisi  yang  terdapat dalam  Pedoman  Turnamen  LDBI),  dengan  tim  oposisi  sebagai  pihak yang memberikan pidato jawaban terlebih dahulu.
c.  Waktu penyampaian pidato yaitu 7 menit dan pidato jawaban 4 menit.
d.  Metode  pemberian  sinyal  waktu  untuk  setiap  pendebat  diputuskan oleh ketua juri dan atau panitia.
e.  Tambahan  pada  Pasal  1  (d),  apabila  tidak  ada  pemberian  sinyal waktu,  pada  dasarnya  anggota  atau  penonton  dari  masing-masing tim  diperkenankan  untuk  memberikan  sinyal  kepada  pendebat,  yang dilakukan dengan sopan dan tidak mengganggu jalannya debat.
f.  Sebelum  debat  dimulai,  setiap  tim  harus  memberikan  informasi  kepada moderator, yang berisi perihal nama dan kiprah masing-masing anggota tim.
g.  Pendebat  yang  boleh  berpidato  dalam  sebuah  debat  adalah  tiga pendebat untuk masing-masing tim yang diumumkan oleh moderator ketika permulaan debat.
h.  Selama  debat  berlangsung,  pendebat  tidak  diperkenankan  untuk berkomunikasi  dengan  pelatih  ataupun  anggota  tim  lain  yang  tidak berpidato  di  debat  itu  atau  penonton,  terkecuali  memberikan  sinyal waktu sesuai dengan yang dimaksud pada Pasal 1 (e).
i.  Tanpa  mengurangi  ikatan  yang  terdapat  pada  Pasal  1,  pada  ketika debat  berlangsung  pendebat  yang  seharusnya  tampil  namun  tidak dapat  menyampaikan  pidatonya,  maka  pendebat  lain  dari  tim  yang sama sebagaimana telah diumumkan sebelumnya oleh moderator diperkenankan melaksanakan pidato pengganti/substitusi.
j.  Apabila pidato substitusi dilakukan sesuai dengan Pasal 1 (i), para juri akan  memberikan  nilai  terendah  dari  standar  nilai  yang  digunakan, terlepas dari kualitas pidatonya. (Jika situasi menyerupai ini terjadi, nilai untuk pendebat ini tidak akan dihitung dalam rangking pendebat individu atau
k.  Hal  yang  berkenaan  dengan  pendebat  substitusi  namun  tidak  tertera dalam konstitusi ini, maka keputusan diberikan atas pertimbangan dan kebijaksanaan dari ketua panitia LDBI.
l.  Pasal 1 (i) tidak berlaku apabila terjadi kasus di mana pada ketika pidato balasan, sesuai yang tertera pada Pasal 1 (b), maka pendebat jawaban dilakukan oleh pendebat pertama atau kedua dari tim tersebut.

Informasi selengkapnya bisa Anda download Pedoman Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI) 2018 pada link download di bawah ini. Semoga file ini sanggup bermanfaat dan membantu anda dalam mempersiapkan lomba. Selamat berkompetisi semoga berhasil dan mendapat juara.

link download: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Silabus Osn Sma 2018(Matematika, Fisika, Icho, Ibo, It, Ekonomi, Astronomi, Ieso, Geografi)

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018