Pedoman Pelaksanaan Fiksi 2018 Sma

Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2018 Bandung. Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) yakni sebuah jadwal yang masih tergolong baru. FIKSI pertama kali kali diadakan pada tahun 2016, 2017 kemudian dan tahun 2018 kini ini merupakan tahun ketiga yang rencananya akan dilaksanakan di kota Yogyakarta untuk pameran hasil karyanya. Apabila Anda ingin mengikuti festival ini, silahkan mendownload Pedoman Pelaksanaan FIKSI tahun 2018 pada artikel ini. Festival ini juga akan melombakan beberapa bidang kewirausahaan, sama ibarat lomba-lomba yang lainnya. Salah satu bidang yang akan dilombakan yaitu Boga, Fashion, Craft (Kerajinan), Desain Grafis, Aplikasi dan Game Digital dan beberapa bidang lainnya. 

 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia  Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2018 Sekolah Menengan Atas

Download Pedoman Pelaksanaan FIKSI Sekolah Menengan Atas tahun 2018. Setelah beberapa artikel mengenai pedoman pelaksanaan lomba-lomba kami bagikan, pada kesempatan ini kami akan membagikan Pedoman Pelaksanaan FIKSI tahun 2018. Pada buku Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2018 ini terdapat beberapa klarifikasi lengkap dan detail mengenai seluk-beluk lomba. Mulai dari Latar Belakang lomba ini diadakan, Persyaratan Peserta yang sanggup mengikuti Festival Inovasi ini, hingga kepada jadwal pelaksanaan Lomba Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia tahun 2018. Anda bisa mendownloadnya pada link download di paling bawah sendiri. Namun, Anda juga sanggup melihat cuplikan isi dari buku Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2018 ini. 


PEDOMAN PELAKSANAAN FESTIVAL INOVASI KEWIRAUSAHAAN SISWA INDONESIA (FIKSI) 2018


KATA PENGANTAR


Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah merintis sebuah jadwal gres dalam bidang kewirausahaan tingkat Sekolah Menengan Atas yaitu Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI). Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) lahir dari suatu pemikiran mendalam mengenai konsep ekonomi kreatif. FIKSI bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan para siswa SMA/MA. Tahun 2018 merupakan tahun ketiga pelaksanaan FIKSI. Bidang yang dilombakan pada FIKSI 2018 yakni Bidang Boga, Fashion, Craft (Kerajinan), Desain Grafis, Aplikasi dan Game Digital, dan Bidang Lainnya, yaitu Bidang perjuangan yang tidak termasuk dalam 5 bidang perjuangan diatas sanggup diajukan dalam kategori bidang usaha, termasuk diantaranya budidaya, pengolahan dan rekayasa. Dapat berbentuk ide dan acara perjuangan dari lintas sub sektor ekonomi kreatif dengan mengelaborasi basis inovasi, teknologi, media, serta seni dan budaya.

Tema  Festival  Inovasi  dan  Kewirausahaan  Siswa  Indonesia  2018 adalah  “THE  POWER  OF  INNOVATIVE  SOCIOPRENEURSHIP” (Semangat penemuan kewirausahaan untuk visi kehidupan sosial yang lebih  baik).

Diharapkan hasil karya para penerima sanggup diarahkan sesuai tema tersebut. Melalui FIKSI, para siswa bukan hanya dilatih mencari uang dan laba tapi berbicara mengenai pembentukan abjad siswa untuk sanggup menantang diri sendiri, berani bermimpi besar, melatih 
diri sendiri menghadapi kegagalan, membuatkan ide menjadi sebuah inovasi, serta menebarkan kebaikan dengan menimbulkan idenya bermanfaat untuk orang lain. Melalui FIKSI, para calon pengusaha muda tersebut juga berkesempatan untuk bertukar ide dengan para pengusaha yang sudah sukses dan berkesempatan untuk memperluas jejaring untuk membuatkan usaha.
Pedoman ini disusun untuk memandu dan menjadi sumber informasi mengenai kegiatan FIKSI itu sendiri serta memandu para siswa untuk berkesempatan menjadi finalis FIKSI 2018 sesuai kriteria yang diharapkan.

LATAR BELAKANG
Ekonomi kreatif yakni masa ekonomi masa depan yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan keluasan pengetahuan Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai faktor produksi utama dalam kegiatan ekonominya (knowledge based economy). 
Menurut data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, ekspor ekonomi kreatif Indonesia pada tahun 2013 telah mencapai Rp119 triliun (10 miliar dolar AS). 

Beberapa hal yang melatarbelakangi munculnya ekonomi kreatif yakni hal-hal sebagai berikut.
  • Kreativitas dan Kewirausahaan anak Muda
  • Kekayaan Budaya dan Kemajuan Teknologi
  • Pesatnya saluran terhadap Informasi dan Komunikasi
  • Meningkatnya Pengguna Media Sosial

 Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia  Pedoman Pelaksanaan FIKSI 2018 Sekolah Menengan Atas

TUJUAN DARI FIKSI
  1. Membangun semangat dan jiwa kewirausahaan siswa SMA/MA;
  2. Memberikan pengetahuan dan training kewirausahaan supaya siswa kelak sanggup mengakselerasi wirausahanya;
  3. Mendorong terbentuknya model praktik pembelajaran kewirausahaan di sekolah menengah; 
  4. Menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda kreatif secara berkelanjutan;
  5. Menjadi media sosialisasi hasil karya wirausaha muda kreatif kepada masyarakat; 
  6. Mengaktifkan empati, membangun rasa tanggung jawab, dan kemandirian sosial hingga dengan ekonomi;
  7. Membiasakan kolaborasi tim.
Baca Juga: Download Pedoman Lomba Penelitian Sekolah Menengan Atas OPSI 2018
SASARAN
Siswa SMA/MA se-Indonesia yang mempunyai minat dan talenta untuk membuatkan kemampuan wirausaha melalui pembuatan planning usaha. Rencana perjuangan disusun secara individual dan/atau kelompok, dengan mengatasnamakan SMA/MA kawasan siswa sekolah.

PERSYARATAN / KRITERIA PESERTA FIKSI 2018
  1. Siswa berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Siswa SMA/MA negeri ataupun swasta maupun home school kelas X atau XI di Indonesia (yang sanggup dibuktikan dengan melampirkan identitas diri (copy KTP/SIM/Paspor/KTM) dan surat pengantar dari sekolah atau surat dari lembaga/instansi/dinas terkait), baik perorangan maupun kelompok, maksimum 2 (dua) siswa dalam satu kelompok.
  3. Rencana perjuangan yang diajukan harus merupakan gagasan sendiri dan atau pengembangan dari ide yang sudah ada yang dikelola sendiri dan/atau merupakan pengembangan dari perjuangan yang dikelola koperasi sekolah.
  4. Rencana perjuangan belum pernah menang dalam lomba di Tingkat Nasional atau lebih tinggi, yang dinyatakan dalam surat pernyataan resmi.
  5. Finalis dilarang digantikan oleh siswa lain.
  6. Peserta Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia yang melaksanakan penyusunan planning perjuangan secara berkelompok harus berasal dari sekolah yang sama.
  7. Setiap peserta/kelompok hanya boleh mengajukan 1 (satu) judul planning perjuangan pada 1 (satu) bidang.
  8. Produk atau jasa yang memenangkan FIKSI 2018 tidak diperkenankan untuk mengikuti FIKSI 2018.
  9. Produk atau jasa hanya boleh didaftarkan pada 1 (satu) bidang lomba dalam FIKSI 2018.
  10. Panitia berhak mendiskualifikasi produk atau jasa jika: Diragukan Hak Atas Kekayaan Intelektual, Sedang dalam sengketa, atau Mendapatkan klaim dari pihak lain, Tidak terpenuhinya syarat-syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan dalam setiap tahapan seleksi FIKSI 2018.
  11. Keputusan Panitia FIKSI 2018 mutlak dan tidak sanggup diganggu gugat.
  12. Pendaftaran dilakukan secara online melalui Portal FIKSI dengan alamat yang akan diinformasikan dalam surat pemberitahuan kemudian.


TEMA LOMBA FESTIVAL INOVASI FIKSI 2018
Tema  Festival  Inovasi  dan  Kewirausahaan  Siswa  Indonesia  2018 adalah  “THE  POWER  OF  INNOVATIVE  SOCIOPRENEURSHIP” (Semangat penemuan kewirausahaan untuk visi kehidupan sosial yang lebih  baik)

PENDAFTARAN DAN PELAKSANAAN LOMBA FIKSI 2018


Baca Juga: Download Pedoman OSN Sekolah Menengan Atas 2018 | Pedoman Olimpiade Olahraga O2SN 2018
Informasi selengkapnya, Anda bisa pribadi mendownload Pedoman Pelaksanaan Lomba FIKSI tahun 2018 pada link download di bawah ini. Semoga file yang kami bagikan bisa bermanfaat dan mempunyai kegunaan bagi calon penerima maupun pembimbing di sekolah. Selamat berjuang, semoga sukses dan mendapat juara. 

Link Download: 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Juklak Aktivitas Indonesia Berilmu (Pip) 2018 Sd, Smp, Sma

Silabus Osn Sma 2018(Matematika, Fisika, Icho, Ibo, It, Ekonomi, Astronomi, Ieso, Geografi)

Kumpulan Silabus K13 Sma Revisi Terbaru 2017/2018